Cara Membuat Lantai dan Dinding pada Google SketchUp

Tutorial Google SketchUp

Google SketchUp merupakan software untuk membuat pemodelan 3D. Anda dapat membuat berbagai model dengan Google SketchUp seperti membuat model rumah anjing sampai membuat model gedung yang tinggi. Kali ini saya akan menjelaskan cara membuat lantai dan dinding yang merupakan salah satu komponen penting dalam model rumah.

Tips permulaan:
Untuk mendapatkan tampilan dan pandangan yang baik, gunakanlah "Orbit", "Pan",  "Zoom", "Zoom Extents", dan scroll mouse ke depan dan belakang.

Membuat lantai sederhana
Untuk membuat lantai sederhana di Google SketchUp, caranya sangat mudah sekali. Langkah-langkahnya adalah:
  1. Bukalah Google SketchUp Anda.
  2. Klik "Rectangle" ("Draw" ->"Rectangle").
  3. Buatlah persegi panjang dengan rectangle dan masukkan panjang sisi yang Anda inginkan di "Dimentions" di kanan bawah. Misalnya Anda ingin membuat lantai 10m x 10m maka ketiklah "10m; 10m" tanpa tanda petik, lalu "Enter".
  4. Hasilnya:
    Cara Membuat Lantai dan Dinding pada Google SketchUp-1

Membuat dinding sederhana
Untuk membuat dinding sederhana, Anda dapat menggunakan "Rectangle" dan "Push/Pull". Langkah-langkahnya adalah:
  1. Bukalah Google SketchUp Anda.
  2. Klik "Rectangle" ("Draw" -> "Rectangle").
  3. Buatlah persegi panjang tegak dengan rectangle dan masukkan panjang sisi yang Anda inginkan di "Dimentions". Misalnya tinggi dinding 285cm dengan panjang dinding 10m, maka ketiklah"10m; 285cm" tanpa tanda petik.
  4. Gunakan "Push/Pull" ("Tools" -> "Push/Pull") untuk membuat ketebalan dinding dan masukkan tebal dinding di "Distance" di kanan bawah, misalnya tebal = 15cm, maka masukkanlah "15cm".
  5. Hasilnya:
    Cara Membuat Lantai dan Dinding pada Google SketchUp-2

Membuat lantai dan dinding yang lebih kompleks
Pada rumah yang sesungguhnya, dinding tidak hanya ada satu dan lantai juga lantai rumah biasanya lebih tinggi dari tinggi jalanan. Dan kita membuat perencanan model akan lebih baik jika model tersebut lebih mirip dengan aslinya. Sehingga dibutuhkan ketelitian untuk membuat model tersebut. Kali ini saya akan mencoba menjelaskan tentang cara membuat lantai dan dinding di Google SketchUp, yang lebih kompleks tapi masih belum mendetail. Rangkuman langkahnya adalah: Sediakan ukuran rancangan dasar model -> Gambarlah denah model -> Gunakan "Push/Pull" untuk menekan denah -> Gambarlah bidang ruangan yang tidak terisi -> Gunakan "Push/Pull" untuk menekan bagian atas bidang -> Perbaiki ketebalan tembok -> Hilangkan garis - garis yang tidak digunakan.

Rincian langkah-langkahnya adalah:
  1. Sediakan ukuran rancangan dasar, misalnya denah lokasi = 10m x 20m, tinggi lantai dari jalan = 50 cm, tebal dinding = 15cm, dan tinggi dinding dari lantai = 285cm.
  2. Buatlah lantai dan gambarlah rancangan denah ruangan model rumah, dengan membuat bidang-bidang ruangan. Anda dapat membuat bentuk ruangan dengan alat "Tape Measure Tool" ("Tools" -> "Tape Measure"), "Line" ("Draw" -> "Line"), dan "Rectangle" ("Draw" -> "Rectangle").
    Cara Membuat Lantai dan Dinding pada Google SketchUp-3

  3. Gunakanlah "Push/Pull" ("Tools" -> "Push/Pull") untuk menekan denah ke atas dan masukkan tinggi (tinggi lantai + tinggi dinding = 335cm) sehingga akan terbentuk balok. Ini berguna untuk membuat tembok dengan cepat.
    Cara Membuat Lantai dan Dinding pada Google SketchUp-4

  4. Gambarlah bidang ruangan yang tidak terisi di atas bidang balok dengan menggunakan alat "Offset" ("Tools" -> "Offset") dan masukkan "Distance" = setengah dari tebal tembok atau = 7,5cm.
    Cara Membuat Lantai dan Dinding pada Google SketchUp-5

  5. Gunakan "Push/Pull" ("Tools" -> "Push/Pull") untuk menekan bagian atas bidang ke bawah dan masukkan tinggi tembok dari lantai (285cm) sehingga akanterlihat ruangan yang tidak terisi.
    Cara Membuat Lantai dan Dinding pada Google SketchUp-6

  6. Perbaiki ketebalan tembok dengan alat "Push/Pull" ("Tools" -> "Push/Pull") dan masukkan "Distance" = 7,5cm (setengah dari tebal dinding).
    Cara Membuat Lantai dan Dinding pada Google SketchUp-7

  7. Gapuslah garis-garis yang tidak digunakan dengan alat "Select" ("Tools" -> "Select") dan tekan "DEL" pada keyboard.
    Cara Membuat Lantai dan Dinding pada Google SketchUp-8

  8. Selesai

Comments

Post a Comment