Google SketchUp 8

Google SketchUp, 3D Modeling Aplication

Google SketchUp adalah software untuk membuat model 3D yang intuitif dan gratis bagi siapa saja untuk menggunakannya.

Fitur-fitur:

Tepi dan Wajah: Itu semua dapat dilakukan dengan pensil
Setiap model SketchUp terdiri dari dua hal: tepi dan wajah. Tepi adalah garis lurus, dan wajah bebrbentuk 2D yang dibuat ketika beberapa tepi membentuk pengulangan datar. Misalnya wajah persegi panjang terikat oleh empat sisi yang terhubung bersama-sama di sudut kanan. Untuk membangun model SketchUp, Anda dapat menggambar tepi dan wajah menggunakan alat sederhana yang dapat Anda pelajari dalam waktu singkat.

Tarik/ Tekan: Cepat menuju dari 2D ke 3D, tarik/ tekan
Mengekstrusi setiap permukaan datar menjadi bentuk 3 dimensi dengan alat yang dipatenkan SketchUp Push/ Pull. Cukup klik untuk memulai mengekstrusi, gerakkan mouse Anda, dan klik lagi untuk berhenti. Anda dapat menekan/ menarik persegi panjang ke dalam kotak. atau menggambar garis dari tangga dan tarik/ tekan ke 3D. Ingin membuat jendela? Tarik/ tekan lubang melalui dinding Anda. SketchUp terkenal karena mudah digunakan, dan Tarik/ Tekan adalah salah satu alasannya.

Pengukuran Akurat: Bekerja dengan presisi ukuran pita
SketchUp sangat bagus untuk bekerja cepat dan tidak cocok di 3D, tapi itu lebih dari sekedar pensil elektronik. Karena Anda bekerja pada komputer, segala sesuatu yang Anda buat memiliki dimensi yang tepat. Saat Anda siap, Anda dapat membangun model seakurat yang Anda butuhkan. Jika Anda ingin, Anda dapat mencetak skala pemandangan model Anda. Dan jika Anda mempunyai  SketchUp Pro, Anda bahkan dapat mengekspor geometri Anda ke program lain, seperti AutoCAD dan 3ds MAX.

Follow Me: Membuat entruksi kompleks dan follow me
Anda menggunakan inovatif SketchUp, pergunakanlah alat follow me untuk membuat bentuk 3D dengan entruksi permukaan 2D. Model pipa bengkok dengan mengentruksi lingkaran di sepanjang jalur L bengkok.

Ember Cat: Terapkan warna dan tekstur material
Anda dapat menggunakan ember cat (Paint Bucket) untuk melukis model Anda dengan warna dan tekstur.

Komponen dan Kelompok: Membangun komponen model cerdas
Dengan saling menempelkan model Anda , maka akan terbuat kelompok. Anda dapat membuat sub-objek yang lebih mudah digerakkan, disalin, dan disembunyikan. Komponen yang banyak seperti kelompok, tapi dengan twist berguna. Salinan komponen terkait bersama-sama, sehingga perubahan yang Anda buat pada salah satu komponen, maka secara otomatis akan tercermin pada semua komponen lain yang sama. Jendela, pintu, pohon, kursi, dan jutaan benda lain dapat mendapatkan manfaat dari alat ini.

Bayangan: Lakukan menggambar tanpa bayangan dan selanjutnya tambahkan bayangan
Mesin pembuat bayangan pada SketchUp memungkinkan Anda untuk membuat bayangan dengan akurat pada model Anda.

Bagian: Lihat ke dalam dalam bagian model Anda
Anda dapat menggunakan fitur interkatif SketchUp untuk sementara memotong bagian dari desain Anda, dan memungkinkan Anda untuk melihat ke dalam. Anda dapat menggunakan. Anda dapat emnggunakan bagian untuk membuat pandangan ortografi, untuk mengekspor geometri ke program CAD dengan menggunakan SketchUp Pro, atau hanya untuk mendapatkan tampilan yang paling baik dari model Anda. Bagian pesawat dapat dipindahkan, diputar, atau bahkan dibuat animasi dengan fitur scene.

Adegan: Simpan tampilan dan selanjutnya buat animasi
Dengan SketchUp memungkinkan Anda untuk dengan mudah menyimpan tampilan gambar dan selanjutnya Anda dapat membuat animasi dengan itu. Untuk membuat animasi, hanya dengan gambar adegan dan selanjutnya klik tombol.

Lihat Sekitar dan Berjalan: Jelajahi kreasi Anda dengan berjalan
Dengan SketchUp memungkinkan Anda untuk masuk ke dalam model. Dan dengan alat navigasi sederhana memungkinkan Anda untuk Anda mendapatkan pandangan orang pertama. Klik posisi kamera untuk berdiri di mana saja di model Anda. Gunakan lihat sekitar untuk mengubah kepala virtual Anda, dan beralih ke berjalan untuk untuk menjelajahi kreasi Anda dengan berjalan kaki. Anda bahkan dapat menaiki tangga, menuruni tangga, dan memanjat, seperti sedang bermain video game.

Dimensi dan Label: Tambahkan informasi ke dalam dimensi desain Anda
Anda dapat menggunakan alat label dan dimensi super intuitif untuk menambahkan dimensi, penjelasan, dan detail ke gambar Anda.

Instruktur: Dapatkan bantuan dengan cepat
Anda dapat mengaktifkan dialog insturktur SketchUp setiap saat seperti yang Anda mau. Kotak dialog insturktur SketchUp akan memberikan penjelasan tentang SketchUp.

Lapisan dan Bagan: Tetap terorganisir membawa ke depan
Ketika Anda membangun sebuah model besar dan rumit, hal itu dapat berantakan dengan cepat. SketchUp memberikan dua cara untuk menjaga geometri yang Anda kelola.

Google Earth: Lihat model Anda dalam konteks Google Earth
SketchUp dan Google Earth merupakan bagian dari keluarga dengan produk yang sama, itu berarti, Anda dapat bertukar informasi antara mereka dengan mudah. Perlu situs bangunan untuk proyek Anda? Imporlah foto dari angkasa, termasuk topografi, lagsung dari Google Earth ke SketchUp hanya dengan mengklik satu tombol. Ingin melihat konteks SketchUp Anda di Google Earth? Klik tombol lain, dan ANda dapat melakukannya dengan mudah.

Alat Sandbox: Kerja di medan Sandbox
Alat Sandbox pada SketchUp memungkinkan Anda membuat, mengoptimalkan dan mengubah medan 3D. Anda dapat menghasilkan pemandangan halus dari seperangkat garis, tambahkan tanggul, lembah, membuat bangunan dan jalan.

Impor 3DS: Dapatkan petunjuk mulai pada pemodelan Anda
Anda dapat mengimpor file 3DS langsung ke model SketchUp Anda. Memiliki furnitur dalam format 3DS? Impor itu ke SketchUp.

Impor Gambar: Mengecat dinding dengan foto
Dengan SketchUp, Anda dapat mengimpor gambar seperti PNG, JPG, TIFF, dan PDF. Anda dapat menggunakan foto tersebut dan menempelkannya ke model bangunan, kemasan, dll.

Ekspor ke Format File JPEG, PNG, dan TIFF
SketchUp memungkinkan Anda untuk mengekspor gambar hingga 10 ribu piksel persegi, sehingga Anda dapat melampirkan gambar tersebut ke email, mempublikasikan dalam dokumen, atau proyek di dinding semudah memilih beberapa pilihan.

File size: 34.14MB
Requirements: Windows XP / Windows Vista / Windows 7
License: Freeware
Homepage: www.sketchup.com

Comments